Terus Berinovasi, Rutan Kelas IIA Batam Resmikan Ruang Sidang Online dan Security Control Room

 

Kepala Rutan Kelas IIA Batam, Yan Patmos (kanan) didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM  Kepulauan Riau  Saffar Muhammad Godam dan Ketua Komisi III DPRD Batam Budi Mardianto meresmikan gedung serba guna. (Foto: Edo)

Batamsiber.com, Batam - Terus berinovasi dalam memberikan kemudahan terhadap warga binaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam meresmikan gedung serba guna (ruang sidang online) dan Security Control Room (SCR), Senin (5/9/2022).


Peresmian gedung baru ini di hadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kepulauan Riau Saffar Muhammad Godam dan Ketua Komisi III DPRD Batam Budi Mardianto.


Tampak juga aktivitis Kemanusiaan Romo Pascal, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi S, Kasi Pidum Kejari Batam Amanda, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Batam Heriman beserta Satker Kemenkumham Kepri.


Kepala Rutan Kelas IIA Batam, Yan Patmos menyebut Rutan Kelas IIA Batam semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, Kemenkumham menginstruksikan Rutan Kelas IIA Batam untuk membatasi seluruh kegiatan warga binaan dalam mengikuti persidangan.


"Secepat mungkin kami melakukan kordinasi serta kolaborasi bersama aparat penegak hukum serta Pemerintah Kota Batam dan DPRD Batam untuk menganggarkan pembangunan aula ruang sidang online di Rutan Batam. Berkat doa dan kerjasama, kami mengucapkan terimakasih hingga terbangun apa yang telah kita wacanakan," ujar Yan Patmos.


Yan Patmos menjelaskan, gedung serba guna (ruang sidang online) dan Security Control Room (SCR) dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun 2021 dengan harapan seluruh warga binaan dapat tetap mengikuti proses persidangan meski pendemi berlangsung.


"Harapan kami ruang sidang online ini dapat memberikan kemudahan terhadap warga binaan dalam menjalani proses binaan di Rutan Kelas IIA Batam," jelasnya.


Inovasi terbaru ini, mendapat respon positif serta apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kepulauan Riau Saffar Muhammad Godam saat meresmikan kedua bangunan tersebut.


"Ini merupakan jawaban kita terhadap situasi pandemi yang hingga saat ini masih belum selesai sehingga proses peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan dapat di wujudkan tanpa harus tata muka," ujar Kanwil Kemenkumham Kepri Saffar Muhammad Godam.


Selain itu, kata Godam, pembangunan gedung ini dapat mengoptimalisasi pengawasan dan pengamanan di Rutan Kelas IIA Batam dengan jumlah total 1046 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat dilakukan secara optimal dengan ruang yang sudah diresmikan.


"Hadirnya ruang Security Control Room (SCR), petugas dapat mengawasi secara langsung kondisi warga binaan serta  situasi keamanan di Rutan Kelas IIA Batam. Tentu, kita berkomitmen harus lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.


Sementara itu, diwaktu yang sama, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Batam Heriman turut menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Batam tentu sangat memberikan dukungan penuh terhadap inovasi-inovasi yang memberikan dampak positif terhadap seluruh warga binaan.


"Oleh karena itu, demi memberikan kontribusi terbaik bagi warga binaan, kami bersama DPRD Kota Batam mensupport dalam segi anggaran untuk pembagunan gedung ini. Hingga pada akhirnya, telah terealisasi dan memberikan dampak positif bagi seluruh warga binaan Rutan Batam Pemasyarakatan," pungkasnya. (Edo)

Lebih baru Lebih lama