Ria Saptarika Ajak Masyarakat Kepri Mari Perbanyak Amalan Sosial di Bulan Suci Ramadhan

 

Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau Ria Saptarika menyerahkan bantuan secara simbolis. (Foto: Fay)

BATAMSIBER.COM | BATAM – Ratusan masyarakat kecamatan Bengkong dan sekitarnya, megikuti sosialisasi dari Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau Ria Saptarika pada Sabtu (9/3/24) bertempat di Restoran Golden Prawn Bengkong, Kota Batam.


Sosialisasi yang di sampaikan adalah empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, atau yang popular di sebut empar pilar MPR.


Mengawali pemaparannya Ria Saptarika mengatakan, salah satu tugas pokok dan fungsinya selaku anggota DPD RI yang juga merupakan anggota MPR RI tersebut adalah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat apa yang di maksud empat pilar dan kenapa ini sangat perlu di sosialisasikan.

 

Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah merupakan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat agar menjadi panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan bermatabat.


“Empat Pilar tersebut harus dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” jelas mantan Wakil Walikota Batam tersebut.


Dilanjutkan oleh Ria, implementasi penerapan salah satu pilar tersebut yakni Pilar Pancasila, adalah perintah untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi umat Islam yang akan di laksanakan oleh pemeluknya, dimana bulan suci Ramadhan itu memberikan hikmah, untuk mewujudkan solidaritas sosial sesama anak bangsa.


Kemudian, juga untuk menumbuh kembangkan teloransi dengan pemeluk agama lainnya. dimana ibadah puasa akan menciptakan manusia yang peduli kepada sesama dengan aksi aksi sosialnya, seperti berbagi makanan baik untuk berbuka dan sahur, membayar zakat, menyantuni anak yatim dan duafa, serta aksi-aksi sosial lainnya.


“Bulan suci Ramadhan itu memberikan hikmah, untuk mewujudkan solidaritas sosial sesama anak bangsa, menumbuh kembangkan teloransi dengan pemeluk agama lainnya. di karenakan ibadah puasa akan menciptakan manusia yang peduli kepada sesama dengan melakukan berbagai aksi-aksi sosial yang meberikan manfaat terhadap sesama. Umat muslim dalam melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan tentu harus menjalankan hal-hal yang positif sebagai ibadah kepada Allah SWT. dan di bulan suci Ramadhan itu merupakan bulan penuh ampunan, sehingga orang berpuasa itu dilarang menimbulkan gejolak sosial namun harus memperbanyak amal-amalan sosial,”  pungkas Anggota DPD RI yang pada pemilu 2024 ini kembali mencalonkan diri.


Ria juga berpesan, agar ibadah puasa Ramadhan yang beberapa hari lagi akan dijalankan oleh umat Islam dapat di laksnakan sebaik baiknya, dan berharap momentum Ramadhan 1445 H juga bisa di manfaatkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Sosialisasi Empat Pilar MPR RI gencar di lakukan oleh seluruh anggota MPR RI di masing-masing daerah pemilihan dengan maksud  untuk menyegarkan kembali ingatan seluruh rakyat Indonesia kepada nilai-nilai kebangsaan, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-milai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.


Di penghujung acara Ria Saptarika, menyerahkan buku materi sosialisasi dan sertifikat kepada peserta yang hadir, dan kegiatan di tutup dengan sesi Foto bersama dan dilanjutkan dengan bersalam salaman saling memohon dan memberikan maaf bersempena menyambut dan menjalakan Ibadah Puasa Ramadhan 1445H. (Fay)

Lebih baru Lebih lama