Pastikan Keselamatan Penumpang, Kapolsek KKP Batam Cek Life Jacket di Pelabuhan Pengumpan Sekupang

 

Petugas kepolisian cek kelengkapan life jacket disalah satu kapal penumpang. (Foto: Edo)


Batamsiber.com, Batam - Antisipasi cuaca buruk di perairan Batam, Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) AKP Awal Sya'ban Harahap lakukan peninjauan dan pengecekan life jacket di Pellabuhan Pengumpan kepada penambang boat pancung, Sekupang, Senin (21/11/2022).


"Hari ini kita lakukan pengecekan kelengkapan alat keselamatan berlayar yakni ketersediaan life jacket di setiap boad pancung yang ada di pelabuhan," ujar Kapolsek AKP Awal.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto melalui Kapolsek KKP Batam AKP Awal bersama personelnya turut meninjau langsung pelabuhan dan berinteraksi dengan pengemudi boat pancung seraya memberi imbauan keselamatan dalam berlayar.


"Kita juga melakukan pengecekan jumlah penumpang setiap harinya disini melalui pelabuhan boat pancung Sekupang. Meninjau kelayakan kapal agar benar benar aman membawa penumpang.


Kapolsek menyebut, kegiatan peninjauan ke sejumlah pelabuhan ini tidak hanya sampai disini, namun pihaknya secara rutin melakukan patroli maupun memberi pengawasan ke sejumlah pelabuhan rakyat yang ada di Batam.


Untuk itu, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat ataupun agen pelayaran untuk menaati peraturan keselamatan dalam berlayar, baik kondisi kapal atau boad yang digunakan hingga ketersediaan life jacket yang berfungsi dengan baik.


"Perubahan cuaca kita tidak bisa prediksi, namanya alam bisa terjadi cuaca buruk angin kencang saat berlayar. Yang terpenting masyarakat selalu waspada," harapnya.


Kami mengimbau kepada penguna transportasi laut untuk selalu waspada dan berhati-hati. Begitu juga kepada pengemudi boad pancung ataupun agen pelayaran untuk tidak memaksakan diri berlayar saat terjadi cuaca buruk. 


"Jangan pernah ambil resiko yang membahayakan diri, menjaga keselamatan jauh lebih penting saat menjalani aktifitas," ungkap Kapolsek KKP.


Kapolsek juga berharap, masyarakat bisa saling bersinergi dengan kepolisian khususnya dari Polsek KKP terkait kondisi keselamat di pelabuhan. Masyarakat bisa melapirkan ataupun memberi informasi ke pos polisi di setiap pelabuhan bila menamukan kondisi dan situasi Kamtibmas. 


"Silahkan melaporkan ke petugas kami di setiap pos polisi di pelabuhan jika menemukan gangguan situasi keamanan atau terkait pelayanan di pelabuhan," pungkas Kapolsek. (Edo)

Lebih baru Lebih lama