7 Kandidat Bertarung Rebut Ketua OSIS di SMPN 28

Peserta didik SMPN 28 masukkan surat suara ke dalam kotak. (Foto: ET)

Batam, Batamsiber.com: SMPN 28 Batam mengadakan pemilihan ketua dan wakil ketua osis periode 2022-2023. Pemilihan ini dilaksanakan secara demokratis layaknya pemilihan umum.


Kandidat pasangan calon ketos dan waketos SMPN 28 Batam sebanyak 7 pasangan yang sudah melakukan kampanye seminggu yang lalu di depan seluruh warga sekolah, Senin (18/1/22).

Destriyana NL Toruan selaku Waka Kesiswaan sekaligus pembina osis menyebut, perekrutan calon ketos dan waketos dilakukan dari awal masuk sekolah sekitar awal Januari 2022, diawali dengan pengisian form pendaftaran. Kemudian memenuhi syarat dengan melampirkan surat persetujuan orangtua dan sertifikat prestasi yang dimiliki serta melakukan tes wawancara sehubungan dengan visi dan misi yang dimiliki oleh calon jika menjabat sebagai ketua dan wakil ketua osis ke depannya. 


Resya selaku ketua osis 2021-2022 mengatakan, bahwa calon yang memenuhi kriteria persyaratan sebanyak 7 pasangan ini memiliki visi dan misi yang sangat baik sekali dan juga memiliki prestasi yang bisa mengharumkan nama sekolah kedepannya. 


Kata dia, mudah-mudahan pasangan ketos dan waketos yang terpilih nanti bisa lebih baik lagi dari pengurus sebelumnya dalam mengelola organisasi sekolah yakni osis yang mampu menggerakkan sesama peserta didik untuk mencapai visi dan misi sekolah. 


Terlihat selama proses pemilihan para pasangan calon ketos dan waketos ini meninjau langsung pemilihan dan berpartisipasi juga dalam memberikan suara dengan cara mencoblos pasangan yang tentunya dipilih sesuai dengan hati nurani masing-masing.


Ditempat yang sama, Chelsi Annisa selaku calon wakil ketua osis dari pasangan calon nomor 5 mengatakan, mereka sangat senang sekali lolos sebagai kandidat dan mereka bertekad jika terpilih akan mewujudkan visi dan misi yang sudah mereka targetkan sebagai tujuan pencapaian masa bakti mereka satu tahun ke depan. 


Senada dengan Anni Rahmatika salah satu peserta didik yang ikut mencoblos kandidat yang dipilih sesuai hati nuraninya mengatakan sangat senang sekali bisa ambil andil dalam kegiatan pemilihan ini, dimana dia merasa seperti mengikuti pemilu yang selalu diikuti orang tuanya setiap lima tahun sekali. 

Kata dia, kami juga merasakan senang nama kami ada di dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dibuat panitia, kemudian kami mencoblos kertas suara di bilik suara dan diakhir kami mendapatkan pembubuhan tinta di jari kelingking kami sebagai tanda kami sudah berpartisipasi. 


Terlihat Kepala Sekolah dan para guru juga memberikan suara di TPS 1 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan mencerminkan asas pemilu yakni LUBER dan JURDIL. 


Kepala Sekolah SMPN 28, Boedi Kristijorini mengatakan sekolahnya melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua osis setiap tahunnya dan tahun ini sangat bersyukur dapat kembali melakukan pemilihan sesuai dengan asas-asas pemilu setelah hampir dua tahun kita mengalami pandemi dan melaksanakan pemilu dengan segala keterbatasan.

Kegiatan ini (sambungnya) memberikan pembelajaran yang berharga kepada peserta didik saya untuk berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi di sekolah. Antusias anak didik mudah-mudahan dapat mencerminkan perilaku baik sesuai asas pemilu yang mereka pelajari dalam proses belajar mengajar. 


Boedi juga mengatakan memiliki harapan kepada pasangan yang nantinya akan terpilih bisa menjalankan organisasi OSIS dengan baik yang mampu mewujudkan visi misi sekolah sebagai salah satu sekolah penggerak di kota batam.


Salwenda sebagai wakil ketua pembina osis mengatakan, pemilihan ini dilaksanakan di hari ini pada jam kegiatan senam sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar yang mana setelah selesai melaksanakan pemungutan suara akan diadakan perhitungan suara di ruang laboratorium IPA yang akan disaksikan oleh semua pasangan calon dan panitia serta pembina, sehingga kami panitia pastikan tidak ada kecurangan dalam pemilihan. 


Hasil yang terpilih akan kami buat laporan kepada kepala sekolah untuk diadakan pelantikan pengurus baru di senin yang akan datang, ucapnya.


Lanjutnya, Pesta demokrasi SMPN 28 Batam dalam rangka pemilihan ketua dan wakil ketua osis itu terlihat berjalan lancar dengan DPT sejumlah 840 orang yang dibagi ke dalam dua TPS yakni TPS 1 untuk peserta didik perempuan dan TPS 2 untuk peserta didik laki-laki. 


Sepanjang proses pemilihan terlihat semua peserta didik mengikuti dengan tertib dan tetap mematuhi prokes yang dianjurkan oleh Pemerintah, ungkap Salwenda.  (ET)

Lebih baru Lebih lama