SMPN 28 Jadi Tuan Rumah Liga Voli Sekecamatan Batam Kota

Peserta yang mengikuti pertandingan. (Foto: ET)


Batamsiber.com, Batam: Salah satu program unggulan dari setiap sekolah adalah adanya kegiatan ekstrakurikuler.  program tersebut yaitu ekstrakurikuler di bidang olah raga yakni voli. Peserta didik banyak meminati cabang ekskul ini, dimana setiap sekolah melakukan tanding persahabatan (spring) tim volinya dengan tim dari sekolah lainnya untuk melatih kemampuan dan kekompakan dari sebuah tim, Sabtu (1/10/22).


Event sparing ini selanjutnya membuat ide dari para pelatih voli untuk membuat satu perlombaan yakni liga bola voli. Karena kecenderungan para pelatih yang saling berinteraksi dan bertukar pikiran antar para pelatih dari kecamatan batam kota, maka mereka memutuskan membuat komunitas tim voli Kecamatan Batam Kota dan menyelenggarakan event lomba yakni liga bola voli smp sekecamatan Batam Kota.


Perlombaan liga voli ini baru pertama kali dilaksanakan dan yang menjadi tuan rumah adalah SMPN 28 Batam, dimana lomba ini akan berlangsung dua minggu sekali dan digelar dihari Sabtu. Selanjutnya pembukaan liga voli ini jatuh pada Sabtu (1/10/22) bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila. 


Upacara pembukaan diikuti oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 28 Batam Boedi Kristijorini. Dalam sambutannya Boedi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama dan berharap akan menjadi kegiatan tahunan dan akan semakin banyak sekolah-sekolah yang akan mengikuti ke depannya. 


Liga voli ini mewadahi dan menampung peserta didik yang memiliki hobi di bidang olah raga voli. Boedi berharap tim voli yang hari ini bertanding dapat menunjukkan semangat dan solidaritasnya untuk mengukir prestasi yang mengharumkan nama sekolah masing-masing


Ditempat yang sama, ketua panitia penyelenggara, Masdian yang merupakan guru olah raga SMPN 28 Batam dalam memberikan laporan kegiatan mengatakan bahwa liga voli ini diikuti oleh 5 SMP di Batam Kota yakni smp negeri 10, 12, 28, 42 dan 52 Batam. Kegiatan liga voli ini dalam penyelenggaraannya sama seperti lomba-lomba pada umumnya yang diawali dengan promosi melalui media sosial, skedul pendaftaran, technical meeting dan pelaksanaan. Banyak sekolah yang mengetahui info event ini, tetapi terlambat dapat informasi sehingga mereka tidak bisa lagi mendaftar untuk mengikuti event liga voli ini. Masdian berharap kedepannya promosi lomba akan dilakukan segencar mungkin sehingga tim voli sekolah yang ada di Batam Kota bisa lebih banyak yang mengikuti perlombaan, ungkapnya.


Sementara itu wakil kepala sekolah bidang  kesiswaan SMPN 28 Batam Destriyana N.L Toruan menjelaskan, ia mengikuti ceremoni pembukaan liga dengan menurunkan tim osis untuk membantu lancarnya perlombaan. 


Destry menyebut dalam event ini ada 5 sekolah yang berlomba. Dimana masing-masing lomba, sekolah ini menurunkan supporternya paling sedikitnya 40 orang persekolah, maka kami sebagai tuan rumah harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka para tamu karena kegiatan ini bukan hanya ajang silahturahmi antar tim voli, namun juga antara peserta didik SMP se-Batam Kota.


Sehingga kita harus memberikan pelayanan dan keramahan bagi mereka yang datang bertamu ke tempat kita, ucapnya.


Restu, salah satu peserta didik yang juga sebagai tim supporter untuk sekolahnya mengatakan, bahwa mereka sangat senang sekali dan antusias melihat lomba voli ini, apalagi setelah dua kali bertanding tim sekolahnya mendapatkan juara. Mereka jadi mampu mengukur dan melihat batas kemampuan dan kepiawaian tim voli mereka sehingga mereka bisa mengadop teknik-teknik yang unggul dari tim sekolah lain.


Liga bola voli ini akan berakhir di sabtu depan yakni pada 8 oktober 2022 dan akan menghasilkan 3 juara yang pialanya nanti akan langsung diserahkan juga oleh kepala sekolah SMPN 28 Batam pada acara penutupan. Dengan adanya sekolah dan guru yang mampu menampung kreatifitas anak didik diharapkan semua anak sekolah di indonesia umumnya dan di kota batam khususnya mampu mengisi waktunya dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat tentunya. (Red)

Lebih baru Lebih lama