Sosialisasi Polisi RW di Wilayah Perairan dan Pesisir Pantai Kepada 68 Komandan Kapal Polisi

Jajaran Komandan Kapal mengikuti sosialisasi Polisi RW. (Foto: ist)


Batamsiber.com, Tanjung Priok -  Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri menggelar acara sosialisasi Polisi RW kepada para Komandan Kapal Polisi Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Acara tersebut berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 11 hingga 12 Mei 2023, di Gedung RP. Soedarsono Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.


Sebanyak 68 Komandan Kapal Polisi turut serta dalam kegiatan sosialisasi ini. Acara ini dibuka oleh Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Irjen Pol Dr. Indra Miza M.Si, Kamis (11/5/23).


Dalam sambutannya, Kakorpolairud menjelaskan bahwa Program Polisi RW mempunyai tujuan untuk menempatkan kehadiran polisi di setiap RW, khususnya di wilayah perairan dan pesisir pantai, guna membangun interaksi yang positif dan konsisten antara polisi dan masyarakat.


"Sosialisasi ini penting agar kita dapat memahami dan melaksanakan Program Polisi RW sebagai tindak lanjut dari perintah Kabaharkam Polri," ujarnya.


Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol M. Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si., juga memberikan pesan kepada anggotanya bahwa aparat Kepolisian  Perairan memiliki tugas pokok selain melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat juga bertugas melakukan pembinaan terhadap masyarakat pesisir pantai. Ia menekankan pentingnya polisi RW di masyarakat pesisir pantai karena di harapkan bisa menjadi sosok yang dapat menyelesaikan masalah atau menjadi Problem Solver dalam menghadapi berbagai permasalahan dan konflik sosial.


"Tugas Polisi RW meliputi hadir, mendengarkan, menerima, dan berempati terhadap keluhan, keresahan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Hal ini akan meningkatkan intensitas komunikasi antara penegak hukum yaitu Polri dan warga yang dilayani," ungkapnya.


Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Dirbinpotmas Korbinmas sebagai pengisi materi polisi RW, para Kabag di lingkungan Korpolairud, Kasubdit Patroliair, dan Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Diharapkan melalui sosialisasi ini, para Komandan Kapal Polisi dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai peran dan tanggung jawab mereka dalam Program Polisi RW, yang di gagas oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr. Fadil Imran, M.Si. serta mampu menjalankannya dengan efektif dan profesional dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan dan pesisir pantai.


Dengan terlaksananya sosialisasi ini, diharapkan hubungan yang harmonis antara aparat Kepolisian dan masyarakat dapat semakin ditingkatkan, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sejahtera bagi seluruh lapisan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai. (Red)

Lebih baru Lebih lama