Kapolsek KKP Batam Sidak Pelabuhan Roro Punggur

 

Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Batam cek barang muatan mobil truk di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Nongsa Batam. (Foto: Edo)

Batamsiber.com, Batam - Antisipasi barang terlarang selundupan, Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Batam cek barang muatan mobil truk di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Nongsa Batam, Kamis (24/11). 


Pengecekan, langsung oleh Kapolsek KKP Batam, AKP Awal Syahban didampingi jajaran Polsek. 


Kedatangan Kapolsek KKP pun sontak menyita perhatian pemilik kendaraan, supir dan pengunjung pelabuhan. 


"Kepada bapak-bapak diingatkan agar tidak melakukan aktivitas pelanggaran di pelabuhan, termasuk penyelundupan barang terlarang," ujar Kapolsek KKP, Awal kepada pemilik mobil truk yang sedang mengantri masuk kapal di  pelabuhan Roro. 


Didampingi tujuh personelnya, Kapolsek KKP Batam langsung menghampiri sejumlah mobil yang berjejer mengantri. Beberapa pemilik mobil yang berada didalam mobil pun langsung dimintai petugas untuk membuka pintu mobil yang diisi muatan barang. 


"Semua muatan sesuai dengan manifes iya, tidak ada yang melanggar. Apalagi membawa barang terlarang," ucap Kapolsek KKP, Awal pada supir dan pemilik mobil. 


Ada empat mobil truk yang diperiksa Kapolsek, surat manifest muatan disesuaikan dengan item dan jenis barang yang dimuat dalam truk. 


"Jangan sampai karena hal sedikit, bapak dan ibu nanti menjadi rugi. Tetap patuhi aturan, jelas iya. Ini demi kebaikan kawan-kawan semua," tegasnya pada pemilik kendaraan truk. 


Aktivitas pengunjung di Pelabuhan Roro Punggur terlihat mulai sibuk, hilir mudik masuk keluar kendaraan mulai terlihat disana. Apalagi menyambut akhir tahun. Penumpang kapal Roro yang tiba dari sejumlah daerah terlihat turun dibibir dermaga. 


Dalam sidak itu, Kapolsek KKP AKP Awal mengatakan kegiatan itu dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mencegah penyelundupan barang terlarang di pelabuhan, apalagi membawa barang terlarang seperti narkotika. 


"Dalam sidak pemeriksaan sejumlah muatan mobil tak ada pelanggaran yang kita temukan, semua masih sesuai manifes," ujar Kapolsek KKP, AKP Awal, Kamis (24/11). 


Menurut Kapolsek KKP Awal, kegiatan pengecekan aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Roro Punggur sebagai upaya pihaknya untuk mengantisipasi penyelundupan barang terlarang di pelabuhan, apalagi menjelang hari raya natal dan tahun baru. 


"Kita ingin memastikan tidak ada aktivitas barang terlarang di pelabuhan Roro Punggur. Ini sebagai langkah preventif Polsek KKP dalam menjaga wilayah hukum," tegas dia. 


Tak hanya di pelabuhan Roro, Kapolsek KKP juga mengklaim sejumlah pelabuhan bongkar muat di Batam sudah dalam pengawasan pihaknya. 


Bahkan belum lama ini, Polsek KKP Batam telah menyimak pelabuhan bongkar muat Pelabuhan Beton Sekupang. 


Maka dengan tegas, Kapolsek Awal mengingatkan agar pengunjung pelabuhan tak melakukan pelanggaran sebagaimana aturan yang berlaku. 


Pelabuhan Roro Punggur menjadi salah satu pelabuhan utama penyeberangan kendaraan dari Batam untuk keluar masuk. 


Pelabuhan ini beraktivitas Sepanjangan hari mulai dari pagi hingga sore hari. (Edo)

Lebih baru Lebih lama